TUGAS SOFTSKILL 3

NAMA : KURNIAWAN AMRI
NPM    : 15414943
KELAS : 4IB05



SEKURITI SISTEM KOMPUTER

- Lingkup sekuriti dalam sistem komputer

Lingkup keamanan yaitu sisi-sisi jangkauan sistem keamanan komputer yang dapat dikerjakan. 

Lingkup keamanan terbagi dalam : 

a. Pengamanan dengan cara fisik 
Bentuk computer yang dapat diliat serta diraba (contoh : monitor, CPU, keyboard, dan sebagainya). Meletakkan system computer pada tempat atau tempat yang gampang dipantau serta dikendalikan, pada ruang spesifik yang 
bisa dikunci serta susah dijangkau orang lain hingga tak ada komponen yang hilang. Diluar itu dengan melindungi kebersihan ruang, jauhi ruang yang panas, kotor serta lembab. Ruang tetaplah dingin bila perlu ber-AC namun tak lembab. 

b. Pengamanan Akses 


Pengamanan akses dikerjakan untuk PC yang memakai system operasi penguncian serta system operasi jaringan. Maksudnya adalah untuk menghadapi peristiwa yang sifatnya disengaja atau tak disengaja, seperti kelalaian atau 
keteledoran pemakai yang kerapkali meninggalkan computer dalam kondisi masih tetap menyala atau bila ada pada jaringan computer masih tetap ada dalam login user. Pada computer, jaringan pengamanan computer yaitu tanggungjawab administrator yang dapat mengatur serta mendokumentasi semua akses pada system computer dengan baik. 

c. Pengamanan Data 


Pengamanan data dikerjakan dengan mengaplikasikan system tingkatan atau hierarki akses di mana seorang cuma bisa terhubung data spesifik saja sebagai haknya. Untuk data yang sifatnya begitu peka dapat 
memakai password (kata sandi). 

d. Pengamanan Komunikasi Jaringan 


Pengamanan komunikasi jaringan dikerjakan dengan memakai kriptografi di mana data yang sifatnya peka di-enkripsi atau disandikan terlebih dulu sebelumnya ditransmisikan lewat jaringan itu. 

- Aspek Ancaman pada Security 


Keamanan system computer mencakup sebagian Aspek, diantaranya : 
1. Privasi yaitu suatu hal yang berbentuk rahasia (private). Dasarnya yaitu mencegah supaya info itu tak dibuka oleh orang yg tidak memiliki hak. Misalnya yaitu e-mail atau file-file lain yg tidak bisa di baca orang lain walau oleh administrator. 

2. Confidentiality, adalah data yang didapatkan ke pihak lain untuk maksud spesial namun tetaplah dijaga penyebarannya. Misalnya data yang berbentuk pribadi seperti : nama, alamat, no ktp, no telepon dsb. 

3. Integrity, penekanannya yaitu satu info tak bisa dirubah terkecuali oleh yang memiliki info. Kadang-kadang data yang sudah terenskripsi juga tak terbangun integritasnya karna ada peluang chapertext dari enkripsi itu beralih. Contoh : Penyerangan Integritas saat satu e-mail diantar ditengah jalan disadap serta ditukar berisi, hingga e-mail yang hingga ketujuan telah beralih. 

4. Autentication, ini bakal dikerjakan pada saat user login dengan memakai nama user serta passwordnya. Ini umumnya terkait dengan hak akses seorang, apakah dia pengakses yang sah atau tak.


- Enkripsi

Enkripsi adalah suatu metode yang digunakan untuk mengkodekan data sedemikian rupa sehingga keamanan informasinya terjaga dan tidak dapat dibaca tanpa di dekripsi (kebalikan dari proses enkripsi) dahulu. Encryption berasal dari bahasa yunani kryptos yang artinya tersembunyi atau rahasia. 

Dikarenakan enkripsi telah digunakan untuk mengamankan komunikasi di berbagai negara, hanya organisasi-organisasi tertentu dan individu yang memiliki kepentingan yang sangat mendesak akan kerahasiaan yang menggunakan enkripsi. Di pertengahan tahun 1970-an, enkripsi kuat dimanfaatkan untuk pengamanan oleh sekretariat agen pemerintah Amerika Serikat pada domain publik, dan saat ini enkripsi telah digunakan pada sistem secara luas, seperti Internet e-commerce, jaringan Telepon bergerak dan ATM pada bank.

Enkripsi dapat digunakan untuk tujuan keamanan, tetapi teknik lain masih diperlukan untuk membuat komunikasi yang aman, terutama untuk memastikan integritas dan autentikasi dari sebuah pesan. Contohnya, Message Authentication Code (MAC) atau digital signature. Penggunaan yang lain yaitu untuk melindungi dari analisis jaringan komputer.




sumber :
https://atikamulya.weebly.com/blog/lingkup-keamanan-dalam-sistem-komputer
https://irpantips4u.blogspot.co.id/2012/11/enkripsi-pengertian-manfaat-kerugian-macam.html

Komentar

Postingan Populer